Rabu, 21 Oktober 2015

SENGKALING



Taman ini dulunya bernama Taman Rekreasi Sengkaling sebelum diresmikan UMM dan berganti nama menjadi Sengkaling Food Festival. Peresmian dilangsungkan di taman romantis yang terletak di halaman dalam Taman Sengkaling.
Setelah secara resmi 100% menjadi milik UMM, kini dilakukan rebranding dengan nama Taman Sengkaling UMM. Nama ini mengingatkan pada unit bisnis lain yang dimiliki seperti UMM Inn, UMM Dome, UMM Hospital, UMM Bookstore dan UMM Farm.


Beberapa sentuhan baru itu antara lain menambah satu area untuk wisata kuliner Sengkaling Food Festival (SFF), menambah area parkir, merenovasi auditorium dan berbagai taman, serta memperindah beberapa sudut yang sudah mulai usang. Hingga kini angka kunjungan ke tujuan wisata ini terus meningkat dari waktu ke waktu.
Saat ini jalan tembus dari UMM ke Sengkaling lewat belakang sedang dalam pengerjaan. 
Taman Sengkaling didirikan oleh perusahaan rokok Bentoel pada tahun 1959. Pada mulanya tempat ini hanya sebagai persinggahan para bos perusahaan itu dan dari waktu ke waktu dikembangkan sehingga menjadi sebuah taman rekreasi. Ada setidaknya 15 wahana permainan anak-anak dan keluarga, mulai kolam renang, bioskop 3D, sepeda perahu, hingga kebun binatang mini.
Taman rekreasi seluas 9 hektar ini dibeli oleh UMM melalui proses yang tidak disangka-sangka dan tanpa perencanaan. Secara kebetulan sebelum ada tawaran membeli, UMM sebenarnya sedang membangun jalan akses untuk mengembangkan kampus ke arah barat. Tawaran lelang mendadak dan dalam waktu tenggang yang sangat sempit oleh Brtitish American Tobacco (BAT), pemilik saham PT Bentoel, membuat UMM sempat bimbang. Namun instingrektor Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP menangkap ada baiknya kampus ini tersambung dengan Sengkaling, dan ternyata benar. Berkat ketajaman instingdan dukungan PP Muhammadiyah serta anggota senat UMM, Taman Sengkaling akhirnya menjadi milik UMM.
Jadi inilah satu-satunya Universitas yang mempunyai taman wisata yang bisa di akses langsung dari kampus, jadi kita harus bangga dengan kampus dengan julukan "Kampus Putih, Jas Merah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar